EA’s News

EA’s News

MY BLOG

Terima kasih kepada mas Wira dah membuatkan aq blog, simple , easy, mudah2an nambah semangat ntuk nulis n merekam berbagai nuansa kejadian, thank you Mas Wira .

الله يعطك العافى والسلامة، امين

Btm, 15/01/42 // 03/09/20

KE LINGGA

Pagi ini kami bersama rombongan ust Junaidi J, prof Husein P n tn Alimuddin serta sy nuju Lingga, perjalanan d tempuh kl 4 -5 jam nuju Jagoh, terasa penat terbayang tp canda gurau ngisi perjalanan ini,…

Btm, 16/01/42 # 04/09/20

ارجوك بصحة وسلامة، امين

TIBA DI DABO

Alhamdulillah, dah tiba di Dabo, lebih kurang 4,5 jam di tengah laut, kami dan rombongan di tempatkan di Gapura Htl Dabo Singkep.

ACARA PEMBUKAAN TC MTQ LINGGA

Malam ini Jum’at/16/0142 // 04/09/20 di hotel Gapura Dabo diadakan pembukaan TC, ntuk memberikan motivasi kepada peserta, dan malam ini saya di daulat untuk memberikan kata motivasi pada acara pembukaan tersebut.

Syabas untuk Kabupaten Lingga.

Nanti malam pkl 20.00 WIB diadakan acara pembukaan kegiatan TC , mudah-mudahan lancar dan aman, Dabo dinyatakan daerah Zona Hijau pandemi covid-19, suasana di daerah cukup aman dan warganya pun dah siap pakai masker terbiasa

Acara pembukaan ditandai dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an dilanjutkan lapaoran panitia tentang tujuan penyelenggaraan dan hasil yang dicapai, sebelum dibuka oleh Bupati yang diwakili kabag Kesra Kab Lingga, saya diminta menyampaikan sambutan motivasi, dengan harapan bisa mendongkrak kegiatan ini berjalan lebih maksimal lagi, khulashah yang sayaa sampaikan yang pertama luruskan niat dan giat mengikuti pelatihan ini secara maksimal.

ارجوك النجاح والسلامة، امين

Dabo, 17/01/42 // 05/09/20

AYO, BELAJAR MENULIS

Dalam menulis Karya Tulis Ilmiah al-Qur’an (KTIQ) perlu diperhatikan unsur-unsur penulisan sebagai berikut :

  1. Pilih tema dan cari judul yang relevan dengan tema tersebut
  2. Awali dengan tulisan /kutipan Al-Qur’an yang relevan dengan bahasan
  3. Cari tafsir, usahakan Qur’an bil Qur’an, Qur’an bil Hadits, Qur’an bil Ijmak dan Qur’an bil Qiyas
  4. Cari referensi yang cukup

Tema tahun 2020 :

  1. Etika Komunikasi di Media Sosial
  2. Patriotisme dalam Perspektif Islam

CARA MENULIS KTIQ

  1. Mukaddimah / awali dengan al-Qur’an
  2. Sekilas bahasan Judul
  3. cari tafsir bil tafsir
  4. Hadits, Ijmak, Qiyas & underline pendapatmu
  5. berikan data pendukung tentang itu
  6. akibat yang terjadi
  7. solusi yang ditawarkan

LATIHAN KTIQ DI DABO

Dua orang peserta dari Lingga pa/pi, perlu bimbingan dan guide khusus dalam penulisan, pembahasan yang terbatas pada referensi, mudah2an besok sudah mempunyai referensi yang cukup dan memadai, semoga.

Dabo, 16/01/42 // 05/09/20

KULTUM AZZULFA MOUSQ DABO

Masjid Azzulfa Dabo adlah masjid tertua dengan instrumen pembangunan perpaduan Melayu dan Arab tempo dulu, mengisi kultum di masjid ini terasa menyenangkan dengan suasana alami yang penuh berkah.

Kultum Subuh Ahad / 17/01/42 // 06/09/20 dengan mengupas surah al-Ghasyiyah : قد افلح من تزكى

7 unsur lishlahid dhamair : istigfar-bc Qur’an- shalawat- kalimat thayyibah- tajdidul iman- doa dan sedekah.

pulang ditaktir sarapan pagi oleh kasatbimas Daik dan istrinya orang Banjar, lancar komunikasi,.. membangun ukhuwah menambah persaudaraan,.. barakallahu lanaa. aamiin.

MANDI AIR PANAS

Dabo mempunyai tempat wisata, pemandian air panas, kami rombongan pergi ke sana dan mandi terasa asyik dan mengasyikkan, di temapi ini berdiri pondok hutan TAHFIZD, luar biasa, berkah

Dabo, 17/011/42 // 06/09/20.

MAASSALAMAH DABO

Pagi masih ngisi Kajian Subuh di Masjid AzZulfa, materi Medical Ceeck Up Rohani, dengan bahasan makanan Rohani 4 sehat 5 sempurna \, semoga bermanfaat dan siap-siap pagi nuju Jago, pulang Batam dengan Oceanan Dragon 5, semoga selamat, aamiin. Next time berjumpa lagi, aamiin

Dabo, 19/01/42 \\ 07/09/20

MENULIS ITU MMENGASYIKKAN

MUBES PMB

Persatuan Muballigh Batam pada tanggal 12 September 2020/ 24 muharram 1442 akan menyelenggarakan Mubes di Golden Prown Restaurant Bengkong dan akan memilih kepengurusan PMB 2020 -2023.

Ketua OC Sudirman Dianto, S.HI dan sekretaris Suyono, S.Ag, M.Ag sedangkan Ketua SC KH Didi Suryadi dan Sekretaris H. Syamsul Ibrahim.

Semoga sukses dan berjalan sebagaimana mestinya.

btm, 22/01/42 \\ 10 /09/20

LAZ BATAM

Rapat di LAZ Batam, 23/01/42 \\ 11/09/20 dalam rangka melihat lokasi tanah di Barelang, sebagai sarana ntuk pendirian berbagai badan usaha LAZ Batam, rapat dihadiri ;

DR. H. Ahmad Dahlan, Imam Bakhroni, KH Usman Ahmad, Syarifuddin & EA, acara mendengarkan ;

  1. alas hak tanah barelang 1 ha
  2. rencana pengembangan misi LAZ yad

Bagus untuk dikembangkan wisata dakwah religi dan kuliner dan langkah awal ini perlu dibenahi untuk dijadikan aset LAZ.

MUBES KE-8 PMB

Musyawarah Besar (Mubes) PMB Kota Batam yang ke-8 di Golden Prown Restaurant, 24/01/42 \\ 12/09/20 dibuka Walikota Batam sempena pelantikan Pengurus Baznas & pengukuhan pengurus BWI Kota Batam, acara kental dengan warna siyasiyah.

Hidup ini cuma sekali, maka banyaklah berbuat baik dan berhati-hatilah.

SUYONO TERPILIH

Dalam Sidang MUbes ke-8 PMB Kota Batam 2020 terpilih Suyono. sebagai Ketua Umum PMB 2020-2025.

Demikian presreless yang disampaikan Panitia. Tahniah /Mabruk buat Ustd Suyono, semoga PMB ke depan menghasilkan muballigh-muballigh tangguh yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan.

Btm, 25/01/42 \\13/09/20

TC KTIA KAFILAH BATAM

Selasa,27/01/42 \\ 15/09/20, TC KTIA Batam dengan peserta 2 (dua) orang pa/pi, tulisan memang menarik, karena merupakan sebuah ungkapan yang cukup menarik dalam berbagai pembahasan, semoga kafilah Batam, selalu sukses, aamiin.

NUJU KE KARIMUN

Rabu, 28/01/42\\ 16/09/20 kam7 nuju ke Karimun, bersama kwn mukhatthath Alimuddin, pagi2 dah sedikit masalah dg petugas kesehatan pel. Btm, karena kalo ke karimun harus menunjukkan srt krt sehat//edaran bupati karimun, terpaksalah kami telp pak Rasyid koord Karimun, alhamdulillah dpt jg naik kapal, semoga lancar, aamiin,……

SEMUA BERLOMBA

7 Kab/Kota se-provinsi Kepri sedang mempersiapkan diri dalam perhelatan MTQ VIII 1442/2020 di Kota Tanjungpinang, insya Allah besok seluruh kafilah sudah memasuki Kota Tanjungpinang, demikian juga Dewan Hakim. MTQ tingkat Provinsi ini Dewan Hakim nya dari Hakim Nasional, diharapkan dapat memotivasi Qari dan Qariah kita supaya lebih berbobot lagi. Semoga,…..

Btm, 29/01/42 \\ 17/09/20

SIDANG KOMISI FATWA LPPOM

Bertempat di sekretariat MUI Kota Batam berlangsung Sidang Komisi Fatwa, dihadiri oleh : K.H. Usman Ahmad – Effendy Asmawi _ Isfiraini & Usbah,…. Sidang dibuka dengan bersama membaca basmalah dan ditutup dengan hamdalah, ada 13 berkas yang mengurus tentang perizinan dan labelisasi Halal, semoga ini terus berjalan demi menjaga kehalalan sebuah produk, aamiin.

Btm, 29/01/42 \\ 17/09/20

MENUJU TANJUNGPINANG

Hari ini /01/02/42\\ 18/09/20 pkl 15.15 kami menuju Tanjungpinang bersama Dewan Hakim Provinsi yang bermukim di Batam atau yang transit via Batam, pkl 16.20 kami tiba di tpi dan telah disediakan Panitia Bus menuju Hotel Aston, alhamdulillah lancar dan malamnya dilanjutkan dengan malam taaruf.

Mabruk n semoga sukses, aamiin.

PAGI DI TANJUNGPINANG

Hari ini Sabtu, 02/02/42 \\19/09/20, kami olahraga jalan-jalan, sekaligus mencari tahu tempat olahraga pingpong, asyik juga bersama BIC \\ Batam Island Community\\ berolahragalah dengan berolahraga kita akan menjadi sehat dan sehat,

الله يعطيك العافى ان شاء الله

Siangnya pkl 11.00 pelantikan Dewan Hakim, di Gedung Daerah, Ketua DH Prof.Dr. K.H. Said Agil al-Munawwar, dan kami msh ditunjuk sebagai Ketua Majelis KTIQ, di dampingi 3 orang DH Nasional, semoga sukses n membawa berkah, aamiin.

MALAM PEMBUKAAN MTQ VIII PROVINSI KEPRI

Pembukaan MTQ ini kali dibuka oleh wakil Mentari Agama RI, hiburan oleh Bimboo terasa syahdu dan langsung disiarkaN OLEH TV Kepri asuhan Disdik Provinsi Kepri, semoga kitaa terhindar dari berbagai isu dan corona, aamiin.

PERLOMBAAN KTIQ MTQ VIII TPI

bertempat di gedung Veteran Tanjungpinang, perlombaan KTIQ tingkat provinsi berlangsung dengan hidmat dan keseriusan yang tinggi, dapat terlihat dari wajah mereka yang ikut,

Mudah-mudahan ini memberikan spirit tersendiri dalam musabaqah ini, syabas and sukses.

tpi, 03/02/42 \\ 20/09/20

Secara umum pelaksanaan MTQ VIII tahun 2020 berjalan dengan baik, mudah-mudahan sebagai pertanda baik menuju MTQ Nasional di Sumbar Padang. Dan perlu mendapat perhatian serius adalah tenaga-tenaga pendukung agar lebih giat lagi dalam keikhlasannya sekaligus kesigapan kerjanya. Mudah-mudahan, aamiin.

LOMBA KTIQ MTQ VIII PROVINSI KEPRI

Alhamdulillah, hari ini, 04/02/42 \\ 21/09/20 persantase peserta KTIQ berakhir, berbagai wajah dan gaya peserta dalam menampilkanan pemikiran, ide dan gagasan cukup idealis, semoga KTIQ selalu berkembang di provinsi ini, aamiin.

MTQ VIII PROV KEPRI BERAKHIR

Rabu malam, 06/02/42 \\ 23/09/20 MTQ VIII Prov. Kepri berakhir dan sebagai Juara Umum Kab Karimun disusul juara II Kota Batam dan juara III Kab Lingga, MTQ kali berbeda dengan MTQ-MTQ sebelumnya maklum dalam suasana Covid-19 semua harus taat terhadap aturan protokol kesehatan, yakni jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan dan menghindari salaman atau pelukan.

Dan kafilah Prov Kepri akan bersiap-siap untuk ikut MTQ Nasional di Sumbar Padang, mudah-mudahan dapat berjalan sukses, aman dan selamat, insya Alllah.

MENJELANG PILKADA

Menjelang Pilkada serentak, maka paslon yang maju kalo pejabat harus mengambil cuti, Gubkepri di jabat dari mendagri BAHTIAR BAHARUDDIN, sedangkan Batam Pjs Dr. H. Syamsul Bahrum, Bintan Pjs Drs. H. Buralimar, Karimun Pjs Hery Andrianto (putra alm M.Sani), Anambas Pjs Eko Sumbaryadi sedangkan Kab Lingga Pjs Juramadi Esram.

Mudah2an pilkada ini berjalan lancar, sehat, aman dan sukses, aamiin.

Btm, 12/02/42 \\ 29/09/20.

KARYAWAN SWASTA DI BATAM PALING BANYAK TERPAPAR COVID-19

Klaster Covid -19 Dormitori bertambah dan Sanksi Protokol Kesehatan harus tegas, demikian yg ditulis Tribun Batam, 29/09/20. Dan mudah2an semua dapat diatasi dengan baik dan aman, aamiin.

KULIAH SUBUH DI KDA

Setiap subuh Rabu setiap minggu saya mengisi kuliah subuh materi TAZKIYATUNNAFS, hidup di era ini sangat perlu memperbaiki sikap hati kita yang selalu berdebu, tazkiyatunnafs seimbang itu dan mudah-mudahan ini merupakan langkah utama dalam memperbaiki sikap kita sebagai orang yang beriman kepada-Nya, semoga,….

btm, 14/02/42 \\01/10/20

RAPAT DI KESBANGPOL BATAM

Jum’at, 15/02/42 \\ 02/10/20 pk 10.00 WIB pertemuan para tokoh FKUB dan MUI Kota Batam, membincangkan suasana dan kondisi kemasyarakatan menjelang pilkada serentak yang biasanya sering menimbulkan beriak di tengah-tengah masyarakat, untuk mencairkan suasana perlu duduk bersama para tokoh sehingga tercipta suasana yang kondusif dan menyejukkan, mudah-mudahan, aamiin.

TOUR GUIDE

Para Tour Guide Batam, mendapat pelatihan tentang dunia kepariwisataan, 3 hari berturut-turut, mulai tgl 6 – 8 Oktober 2020 di Travelogue Htl or ex hotel Novotel Batam, Kadis Budpar Kota Batam Drs Ardiwinata, memberikan pada pengarahan acara pembukaan, bahwa pariwisata Batam mulai menggeliat dan perlu disiapkan tenaga-tenaga profesional, khususnya tentang tour gauide dan berharap pandemi covid -19 ini cepat berakhir dan Batam ramai kembali tentang kepariwisataan.

btm, 21/02.42 \\ 08/10/20.

TAKLIMAT MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) TERKAIT
“PENETAPAN UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA (OMNIBUS LAW)”
Nomor: Kep-1730/DP-MUI/X/2020

Assalamu’alaikum w. w.

Mencermati dan menyaksikan Konstalasi Politik, Sosial dan Ekonomi Mutaakhir serta Suasana Hati Sanubari Bangsa Indonesia terkait penetapan Undang- Undang Cipta Kerja yang mendapatkan protes dan unjuk rasa serta penentangan dari berbagai elemen bangsa di seluruh Indonesia, maka dengan ini Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan Taklimat, sebagai berikut:

  1. MUI sangat menyesalkan dan prihatin kepada Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang tidak merespons dan mendengarkan permintaan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dewan Pimpinan MUI serta Pimpinan Ormas-Ormas Islam dan segenap elemen bangsa yang menolak ditetapkannya RUU Cipta Kerja menjadi UU Cipta Kerja, padahal berbagai elemen bangsa tersebut telah mengirimkan pernyataan sikapnya bahkan telah bertemu dengan Pimpinan DPR RI dan anggota Panitia Kerja RUU Cipta Kerja.
  2. MUI menolak UU Cipta Kerja yang lebih banyak menguntungkan para Pengusaha, Cukong, investor asing serta bertolak belakang dengan Pasal 33 ayat 3 UUD Tahun 1945 yang berbunyi: “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat”.
  3. MUI meminta kepada Aparat Keamanan Kepolisian untuk menjaga dan melindungi Hak Asasi Manusia para pengunjuk rasa, karena unjuk rasa dan menyampaikan pendapat di depan umum dilindungi oleh Konstitusi dan Peraturan Perundang-undangan Negara Republik Indonesia serta MUI menghimbau kepada para pengunjuk rasa untuk tidak melakukan tindakan anarkis serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.
  4. MUI meminta kepada Presiden Jokowi untuk dapat mengendalikan suasana Keamanan dan Ketertiban Masyarakat saat ini dengan menghargai Hak Azasi Manusia Warga Negara dan jangan membiarkan aparat keamanan melakukan tindakan yang brutal dan tindakan yang tidak terkontrol dalam menangani unjuk rasa.
  5. MUI mendorong dan mendukung setiap elemen masyarakat yang akan melakukan Revisi Undang-Undang (Judicial Review) ke Mahkamah Konstitusi dan MUI mengingatkan kepada para Hakim Agung Mahkamah Konstitusi untuk tetap istiqamah menegakkan keadilan, menjaga kemandirian, marwah dan martabatnya sebagai hakim yang nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Mahkamah Ilahi di Yaumil Mahsyar.
  6. MUI mengharapkan kepada Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat untuk lebih fokus dalam menangani wabah Covid-19 serta tidak membuat kebijakan- kebijakan yang kontroversial sehingga dapat menimbulkan kegaduhan secara nasional.
  7. MUI mengharapkan kepada segenap elemen bangsa untuk senantiasa memperkokoh persatuan dan kesatuan serta merenda jalinan kehidupan harmoni, sehingga kita bersama-sama dapat mengawal dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga selama-lamanya.

Demikianlah Taklimat ini kami buat seraya mengharapkan bantuan kekuatan dan keridhaan Allah Subhanahu Wata’ala.

Billahi Taufiq Walhidayah,
Wassalamu’alaikum w. w.

Jakarta, 20 Shafar 1442 H 08 Oktober 2020 M

DEWAN PIMPINAN MAJELIS ULAMA INDONESIA

Wakil Ketua Umum,
(KH. MUHYIDDIN JUNAIDI, MA)

Sekretaris Jenderal,
(Dr. H. ANWAR ABBAS, M.M., M.Ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *